Visi dan Misi

Visi dan Misi


A. Visi

Visi Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu, dirumuskan dan diarahkan untuk menunjang terwujudnya visi pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, dan merupakan satu kesatuan yang saling mengikat. Berdasarkan ketentuan tersebut di atas, maka visi Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu, diharapkan mampu berperan dalam dinamika perubahan lingkungan strategis, sehingga dalam mengemban tugas pokok dan fungsinya dapat bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik

 

Visi Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu ditetapkan Sebagai Berikut :

 

"TERWUJUDNYA PRASARANA TRANSPORTASI YANG HANDAL DAN TERKENDALINYA SUMBER DAYA ALAMDALAM PENGEMBANGAN WILAYAH YANG BERKEADILAN DAN BERKELANJUTAN"

 

Makna yang terkandung dalam rumusan Visi Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu adalah :

1) Prasarana Transportasi yang Handal, Prasarana Transportasi yang handal, menggambarkan kondisi prasarana jalan yang dapat melayani kebutuhan masyarakat secara aman dan nyaman yang dapat mendukung kegiatan ekonomi masyarakat sehingga dapat menumbuh kembangkan iklim usaha yang kondusif dalam rangka mewujudkan Kabupaten Rokan Hulu yang sejahtera yang bertumpu pada agribisnis berbasis ekonomi kerakyatan dan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam.

2) Terkendalinya Sumber Daya Alam, Artinya Sumber daya alam yang ada merupakan potensi yang memenuhi standar kehidupan dan dapat dijadikan modal investasi bilamana diperlukan, dengan lingkungan yang sehat dan nyaman. Sehingga dampak lingkungan yang terjadi dan terpeliharanya keamanan, kawasan secara dinamis yang merupakan cerminan budaya masyarakat Kabupaten Rokan Hulu, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

3) Pengembangan Wilayah yang berkeadilan, Pengembangan wilayah yang berkeadilan dalam arti terjaminnya hak yang sama bagi setiap penduduk (perkotaan dan pedesaan) untuk mendapatkan pelayanan umum dan sekaligus mencegah melebarnya tingkat kesenjangan antar wilayah tanpa mengurangi intensitas pembangunan dan kegiatan produktif lainnya.

4) Berkelanjutan, Artinya dalam pemamfaatan dan pengelolaan fungsional jalan, sumber daya alam dan energi dilakukan secara bijaksana dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan, sehingga pembangunan dan pengembangan wilayah dapat berlangsung secara terus menerus.

 

B. Misi

Untuk mewujudkan Visi yang telah ditetapkan, Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu mempunyai Misi yang jelas sesuai dengan mandat yang diterima, sehingga diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu, serta mengetahui peran dan program-programnya dan hasil yang akan diperoleh di waktu yang akan datang.

Pernyataan Misi Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rokan Hulu ditetapkan sebagai berikut :

 

  1.  Penyelenggaraan Prasarana transportasi, sumber daya alam dan energi yang berwawasan lingkungan dan berdasarkan penataan ruang
  2.  Percepatan terpenuhinya kebutuhan sarana trasnportasi dan pengairan.
  3.  Penyelenggaraan prasarana dan sarana wilayah secara terpadu dalam rangka pengembangan wilayah untuk mendorong peningkatan pertumbuhan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat.
  4.  Peningkatan kemampuan dibidang Bina Marga dan Pengairan dalam rangka terselenggaranya otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab, guna memberikan pelayanan prima lepada masyarakat.